Jelajah Pindad, Mengeksplore Teknologi Militer

IMG00508-20121212-0504Pindad ?

Iya betul, itu adalah sebuah pabrik senjata terkemuka di Indonesia. Pabrik BUMN ini berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Dengan umurnya yang sudah sangat tua menjadikan pabrik ini semakin dewasa dalam mengembangkan dan menginovasi produk-produknya.

Waktu itu sekitar pertengahan bulan Desember tahun 2012. Hm,, dimana seluruh mahasiswa mesin se-Indonesia berkumpul di Munas dan PMTM ke 18 di UPI dan Unjani di Bandung, dan alhamdulilah kita mendapatkan kunjungan industri ke perusahaan senjata ini. Pindad ini sangat menarik, dan menjadi kesempatan yang sangat berharga bisa masuk dan melihat-lihat isi didalamnya. Karena sifatnya kunjungan, maka kali pertamanya kita akan di berikan pengarahan dahulu oleh bagian Humas PT Pindad ini, arahan biasanya berisi tentang kemana saja kita akan dituntun nantinya didalam pabrik.

Bagian paling pertama kita akan dibawa ke divisi bahan baku, dibagian ini bahan baku produk diproseskan, mulai dari proses pembuatan bijih logam hingga proses tanurisasi. Pengelasannya ?, pengelasannya juga ada, karena kebutuhan mengelas memang diperlukan hampir disetiap bidang atau divisi produksi. Disini terlihat beberapa alat yang beberapanya memang sudah sangat tua dan butuh penyegaran alat yang baru menurut saya, tapi menurut salah seoarang karyawan yang menangani mesin ini, yang kebetulan alat yang ditanganinya adalah sebuah mesin freis ukuran besar mengatakan bahwa mesin ini masih akurasi biarpun umurnya sudah tua. Pembuatan cetak pasir juga ada di divisi ini, terlihat ada proses pencetakan awal, dan penggetaran cetakan pasir yang sudah digunakan untuk di daur ulang menjadi cetakan baru.

Dari divisi ini selanjutnya kita dibawa ke divisi assembly khusus bagian casing granat, peluru, mortir, gardan panser, dan beberapa komponen mesin kereta api, karena Pindad tidak hanya memproduksi senjata dan kendaraan khusus militer tapi juga memproduksi suku cadang kereta api dalam bisnisnya. Nah, di divisi ini mesin-mesin yang digunakan sudah mengalami penyegaran, mesin-mesinnya baru dan besar, diantaranya mesin bubut dan mesin freis.  Tidak boleh memotret di dalam PT Pindad ini, untuk menjaga paten dan kerahasiaan perusahaan dalam memproduksi produk-produknya, kecuali hanya di beberapa tempat khusus saja, yang nantinya memang diizinkan untuk memotret.

IMG00527-20121212-0547

Setelah dari divisi ini kita diajak ke divisi panser. Nah, ini yang menarik. Gedung produksi panser lumayan besar, maklum ukuran panser kan tidak sama seperti ukuran granat. Begitu masuk pertama, kita semua di briefing terlebih dahulu. Informasi yang diberikan adalah supaya tidak memotret di tempat terlarang, dan satu lagi supaya tidak menginjak diluar batas garis hijau. Garis hijau tersebut memang sudah di buat sedemikian rupa dengan lebar kurang lebih 2 meter, miirip seperti trotoar jalan, cuma beda warnanya saja. Panser terbaru Pindad ini masih Anoa 2, dan kini para insinyur Pindad sedang mngembangkannya ke Panser Anoa 3. Untuk launching Panser terbaru tidak diberitahukan, karena pihak Pindad sendiri memang belum tahu kapan Panser Anoa 3 akan di produksi untuk pertama kalinya. Ada 2 macam model panser di luar gedung divisi panser ini yang sengaja di pajangkan, disini kita di izinkan untuk berfoto atau mengambil gambar.

Sangat banyak sekali pelajaran dan ilmu yang bisa didapatkan di Pindad ini, khususnya untuk disiplin ilmu mesin, produksi, manufaktur, material, dan keteknikan lainya. Sayangnya karena waktu yang sangat terbatas, kita tidak sempat berkunjujung langsung ke divisi pembuatan senjatanya, mengingat juga divisi ini juga sangat rahasia, maka perlu peraturan-peraturan yang khusus untuk bisa masuk ke dalam divisi ini. Tapi jika teman-teman pembaca berfikir untuk kunjungan industri ke Pindad, maka saya berani mengatakan bahwa Pindad adalah salah satu tujuan kunjungan industri yang tidak akan mengecewakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s